badan terlalu kurus

Saya susah gemuk dok tolong saya sudah bosan kurus vitamin atau susu apa ya yang bagus untuk menambah berat badan tanpa efek samping dan ketergantungan tapi hasilnya maksimal (tinggi saya 165cm, berat cuma 40kg)

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Untuk meningkatkan berat badan sebenarnya sobat dapat mengonsumsi apapun dengan tujuan kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang keluar. Perhatikan juga aktivitas sobat. Apakah sobat merupakan pekerja berat yang memerlukan banyak aktivitas fisik? Apabila jawabannya ya, kebutuhan kalori sobat mungkin lebih tinggi daripada pekerja kantoran.
Untuk mencapai jumlah konsumsi kalori yang lebih besar, sobat dapat makan dengan frekuensi yang lebih sering dengan jumlah lebih banyak. Makanan yang dianjurkan untuk menambah berat badan yaitu makanan tinggi protein (mis: telur, ayam, daging, tahu). Olahraga yang bertujuan meningkatkan massa otot juga dapat membantu dalam meningkatkan berat badan. Selain itu, tidur dalam jumlah yang cukup juga penting bagi tubuh untuk memulihkan kondisinya.
Apabila keluhan berat badan tidak membaik, segera konsultasikan ke dokter. Berat badan menurun dapat disebabkan berbagai kondisi medis lainnya, mulai dari gangguan absorbsi makanan, gangguan hormonal, penyakit kronis (mis: diabetes), penggunaan obat-obatan, infeksi, hingga keganasan.
Demikian sobat, semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.