pentingkah imunisasi lanjutan usia 18bulan

Dokter….saya punya putri usia 18bulan, pada usia 18 bulan ini ada imunisasi lanjutan DPT4 & Polio ya dokter, tapi saya ragu dan khawatir dokter soalnya anak saya punya riwayat kejang demam,saya takut efek samping dari vaksin ini bisa bikin anak saya kejang demam lg,gimana ya dok apa tetap perlu diberikan vaksin itu ke putri saya dokter? Terima kasih sebelumnya dokter

1 Jawaban Dokter

Staff 07/08/2017
Public

Selamat pagi, Ibu Ayu Liestari.
Salah satu efek dari imunisasi adalah demam. Untuk mencegah kejang demam, Ibu dapat melakukan hal berikut:

  • Kejang biasanya terjadi karena demam dengan suhu yang tinggi (di atas 39 derajat Celcius). Karena itu segera berikan penurun panas sesuai dosis pada anak jika demam agar tidak terjadi kejang. Obat penurun panas seperti Parasetamol pemberiannya dapat diulang setiap 4 jam jika anak masih demam.
  • Pada anak-anak yang cenderung mengalami kejang demam, pada saat mereka menderita demam biasanya dokter akan meresepkan obat anti kejang baik yang melalui mulut maupun melalui rektal untuk mencegah dan menangani kejang.

Ibu dapat membaca lebih lengkap mengenai kejang demam pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/kejang-dema
Berkonsultasilah mengenai imunisasi lanjutan DPT 4 dan Polio dengan dokter spesialis anak yang selama ini menangani anak Ibu mengenai manfaat dan risiko jika melakukan imunisasi lanjutan dan jika tidak melakukannya. Dokter akan melakukan penilaian sesuai kondisi kesehatan anak Ibu.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.