Panu

Selamat pagi dok. Saya mau tanya. Saya punya bercak putih dipunggung dan gatal. Sudah saya obati pakai obat salep. Hilang tapi muncul lagi. Mau saya obati pake obat oral tapi saya tidak tau obat yang. Karena kalau pakai obat salep saya susah untuk mengoleskanny karena dipunggung panu saya.

1 Jawaban Dokter

Staff 06/08/2017
Public

Selamat malam.
Untuk mencegah panu berulang, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Pastikan Anda telah mengikuti petunjuk dan aturan pakai salep yang Anda gunakan. Jika sulit untuk menjangkau bagian tubuh tertentu, mintalah bantuan orang lain jika Anda tidak tinggal seorang diri. Panu bukanlah penyakit menular sehingga Anda dan orang yang membantu tidak perlu khawatir.
  • Selalu pastikan seluruh bagian tubuh telah kering sempurna sebelum mengenakan pakaian, misalnya setelah mandi
  • Gunakan pakaian dari bahan yang menyerap keringat
  • Berganti pakaian setiap kali habis berkeringat dengan mengeringkan kulit terlebih dahulu

Terdapat beberapa kemungkinan penyakit penyebab keluhan kulit yang Anda alami, yaitu panu (infeksi jamur Pitiriasis, bercak putih dapat menyebabkan gatal maupun tidak), vitiligo (disebabkan oleh autoimun, bercak putih tidak disertai rasa gatal maupun nyeri), infeksi kusta (disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae, bercak putih disertai rasa baal atau kesemutan, kerontokan alis, dll), atau hilangnya melanosit (zat pembentuk warna kulit) pasca peradangan.
Oleh karenanya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit agar dokter dapat melihat langsung lesi kulit Anda, melakukan pemeriksaan penunjang yang dianggap perlu, menegakan diagnosa, dan memberikan terapi sesuai diagnosa.
Semoga informasi ini dapat membantu dan lekas sembuh ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.