Bagaimana cara mengetahui keutuhan selaput darah

Selamat siang dok, saya ingin bertanya mengenai keutuhan selaput darah, saat smp saya pernah membaca buku mengenai edukasi sex pada saat bagian masturbasi saya tanpa sengaja memasukkan tangan ke dalam vagina lalu pada sore hari muncul darah dan saya pikir itu pertanda bahwa saya menstruasi pertama tetapi ternyata itu bukan darah menstruasi. Apakah dengan hal ini selaput darah saya sudah benar-benar robek atau masih menyisakkan darah walaupun hanya sedikit dok? Karena saya pernah membaca di sebuah artikel online bahwa korban pelecehan seksual yang belum mengalami menstruasi/akil balig maka selaput darahnya menjadi utuh kembali. Mohon pencerahannya dok terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 02/08/2017
Public

Selamat siang.
Perdarahan yang Anda alami saat itu kemungkinan akibat perlukaan pada organ reproduksi seperti vulva, dinding vagina, atau selaput dara. Jika selaput dara telah tidak utuh, maka untuk mengembalikan keutuhannya diperlukan prosedur bedah plastik.
Jika Anda ingin mengetahui kondisi selaput dara Anda, berkonsultasilah dengan dokter kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dianggap perlu untuk menilai kondisi selaput dara.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.