3 answer

Staff 02/08/2017
Public

Selamat siang.
Pada enam bulan pertama kehidupan anak, ASI saja cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, dilihat dari anak yang sehat dan berat serta panjang badan yang normal. Salah satu alasan mengapa disarankan ASI eksklusif minimal hingga usia 6 bulan adalah tubuh bayi belum memiliki daya tahan tubuh sempurna sebelum mencapai usia tersebut. Sehingga pemberian makanan selain ASI dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada pencernaannya.
Makanan pendamping ASI dapat mulai diberikan jika bayi anda sudah menunjukkan tanda siap makan, kebanyakan bayi menunjukkan tanda –tanda siap makan pada usia 6 bulan. Tanda bayi siap makan yaitu kepala sudah tegak, dapat duduk dengan bantuan, refleks menjulurkan lidah berkurang,  tertarik melihat orang makan, mencoba meraih makanan, dan membuka mulut jika disodori makanan.
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak untuk menentukan apakah baik mulai memberikan MPASI pada anak Anda. Dengan melakukan pemeriksaan fisik langsung, dokter dapat menentukan dengan lebih tepat sesuai kondisi kesehatan anak Anda.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.