bagaimana cara menghilangkan nyeri dikepala? apakah selalu memakai obat

selamat pagi dokter, saya mempunyai keluhan di kepala, di bagian depan, kepala bagian kiri dan kanan. saya mau menanyakan apakah menghilangkan rasa nyeri tersebut bisa tidak memakai obat? apakah faktor lingkungan dapat mempengaruhi dari rasa nyeri dikepala tersebut?

1 Jawaban Dokter

Staff 02/08/2017
Public

Selamat pagi.
Jika nyeri terasa di bagian depan, kiri, dan kanan, seperti ada penekanan, terikat, atau berdenyut, kemungkinan besar sakit kepala yang Anda alami disebabkan oleh hal – hal berikut yaitu kurang istirahat, kelelahan, kecemasan, dan stres psikologis.
Untuk mengatasinya tanpa mengkonsumsi obat, Anda dapat mencoba melakukan hal berikut:

  • beristirahat di ruangan yang tenang dan agak gelap. Hindari kebisingan yang berasal dari lingkungan sekitar. Tenangkan diri Anda dan cobalah melemaskan bagian kepala serta pundak Anda.
  • relaksasi dengan menghentikan aktivitas sejenak, pindah ke tempat yang nyaman dan tenang, tarik napas dalam lewat hidung secara perlahan dan hembuskan lewat mulut secara perlahan pula. Lakukan berulang kali hingga nyeri terasa berkurang
  • kompres dahi dan belakang leher Anda menggunakan handuk yang dibasahi air hangat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Setelah itu, lanjutkan dengan mengompres bagian tersebut dengan kompres dingin menggunakan beberapa es batu yang dibalut dengan handuk untuk membantu mengurangi nyeri.
  • melakukan pijatan yang ringan pada bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari Anda. Berikan pijatan selama 7-15 detik, lalu lepaskan. Ulangi lagi sampai Anda merasa sakit berkurang.
  • lakukan peregangan sederhana seperti tekuk kepala Anda ke satu sisi kemudian putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, biarkan dagu Anda menyentuh dada. Anda bisa ulangi kembali ke sisi yang berlawanan. Setelah itu, lanjutkan dengan menggerakan bahu ke atas lalu putar bahu ke depan dan belakang. Ulangi beberapa kali
  • terapkan pola makan sehat dan teratur
  • terapkan pola tidur cukup dan teratur yaitu 7 – 9 jam per hari
  • terapkan pola olahraga teratur minimal 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap sesinya
  • pilihlah jenis olahraga yang dapat membantu mengurangi stres seperti yoga, pilates, dan meditasi

Jika nyeri tidak tertahankan lagi, Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti Parasetamol dan kemudian beristirahat.  
Jika Anda harus mengkonsumsi obat penghilang nyeri setiap hari, dosis obat yang dibutuhkan untuk mengatasi keluhan semakin bertambah besar, nyeri kepala semakin hebat, dan mengganggu aktivitas sehari – hari, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf. Konsultasi langsung dibutuhkan agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain yang dirasakan perlu terkait keluhan Anda agar dapat mengetahui penyebab keluhan dan mengatasinya dengan tepat.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.