Bagaimana cara agar hal itu tidak terjadi kembali?

Assalamualaikum Dok. Begini ibu saya sering mengalami badan menggigil hampir setiap malam dan hal itu mendadak biasanya terjadi tengah malam atau kadang dini hari. Namun beliau menggigilnya cuma sebentar sekitar 2-5 menitan. Itu bagaimana ya Dok? Apa itu suatu gejala? Sebelumnya terima kasih Dok

1 Jawaban Dokter

Staff 02/08/2017
Public

Selamat pagi, Ibu Utami.
Menggigil merupakan mekanisme tubuh untuk menghasilkan panas dalam tubuh sehingga suhu tubuh akan meningkat. Tubuh akan terus menggigil dan kedinginan sampai suhu tubuh mencapai level normal yang telah diatur oleh otak.  Ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi dingin dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal ini dapat merupakan kondisi normal pada beberapa variasi genetik yang memang tidak dapat mentoleransi dingin dan tidak perlu diobati. Hal ini diatasi dengan berpakaian lengan panjang atau hangat.
Namun, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal lain seperti dehidrasi, infeksi, gangguan tekanan darah, kelainan metabolik misalnya hormon tiroid yang rendah (hipotiroid), efek samping dari obat jantung, gejala menjelang menopause, dan stres.
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang yang dianggap perlu untuk mengetahui dan menangani penyebab keluhan yang dialami oleh ibu Anda. Semoga dapat membantu.

#1
  1. Terima kasih Dok atas jawabannya
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.