3 answer

Staff 01/08/2017
Public

Selamat siang.
Keluhan pelipis berdenyut yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa kelainan seperti:

  • gangguan pada otot (distonia)
  • gangguan pada saraf (twitching atau tic), seperti penyakit Parkinson, stroke, dll
  • gangguan pada otak, misalnya riwayat cedera kepala, infeksi, atau tumor
  • kelebihan hormon tiroid
  • stres psikologis

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis saraf agar penyebab dapat segera diketahui dan ditangani.
————————————————————————————————————————————————————————————————————-
Biduran atau urtikaria biasanya akan menghilang dalam waktu kurang dari 24 jam, namun ada kemungkinan munculnya lesi baru sehingga dapat berlangsung selama beberapa hari (urtikaria akut). Jika urtikaria berlangsung lebih dari 6 minggu, maka disebut sebagai urtikaria kronis. Gejala yang muncul adalah kulit yang meninggi menyerupai pulau – pulau berwarna kemerahan, disertai rasa gatal atau terkadang perih.
Hal yang dapat memicu munculnya urtikaria adalah:

  • reaksi alergi (biasanya alergi terhadap makanan, obat, gigitan serangga, bulu hewan, tes alergi). Urtikaria dapat muncul segera dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah paparan terhadap zat alergen
  • stres
  • penyakit lain, seperti infeksi, gangguan hormon tiroid, penyakit autoimun (misalnya lupus), dll. Biasanya urtikaria muncul disertai dengan keluhan di bagian tubuh lain selain kulit.

Untuk mengatasi gatal, Anda dapat menaburkan bedak salisil atau bedak/losion yang mengandung Calamine. Jika biduran tidak hilang dalam 3 hari, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan menyarankan tes alergi untuk mengetahui alergen apa yang memicu munculnya urtikaria pada Anda, dan juga pemeriksaan lainnya yang dianggap perlu untuk memastikan diagnosis dan penyebab urtikaria serta terapi yang tepat. Dokter juga mungkin akan meresepkan obat minum antihistamin jika gatal masih menetap.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#2

Biduran adl sejenis alergi. Sobat bisa konsultasikan ke dokter utk obat. Tp yg terpenting adl menghindari pencetus biduran, misalnya bila biduran timbul krn udara dingin, maka anda hindari angin AC atau angin kipas angin, mandi dgn air hangat (tidak panas, tidak dingin).

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.