1 Jawaban Dokter

Staff 01/08/2017
Public

Selamat siang.
Secara garis besar, pengobatan komedo dibagi menjadi tiga macam, yakni pemakaian obat luar, obat dalam, dan pembedahan. Obat luar yang dipakai bertujuan untuk mencegah pembentukan komedo, menekan peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Banyak pilihan obat luar yang dapat dipakai, yakni bahan pengelupas kulit, antibiotika topikal, dan anti radang topikal. Pemilihan obat tergantung pada sebab dan faktor pemicu timbulnya komedo. Obat dalam ditujukan untuk menekan aktivitas peradangan, menekan produksi minyak, dan mempengaruhi keseimbangan hormonal. Untuk itu, dapat dipakai antibiotik yang diminum, obat hormonal, obat anti radang, dan vitamin A. Sementara tindakan bedah lebih ditujukan untuk memperbaiki jaringan parut yang timbul akibat jerawat dan komedo. Tetapi bedah pun bisa dilakukan pada komedo tertutup sehingga mempermudah pengeluaran minyak.
Perawatan wajah yang dapat Anda ikuti untuk membantu menghilangkan komedo adalah:

  1. Bersihkan kulit dengan mencuci wajah dengan gerakan perlahan sebanyak 1-2 kali per hari (pagi dan malam hari) dan setelah berkeringat, menggunakan pembersih yang lembut dan tidak membuat kulit menjadi kering.
  2. Saat mengeringkan wajah, cukup lakukan gerakan menekan dengan lembut menggunakan handuk. Hindari gerakan yang menimbulkan gesekan berlebih pada kulit.
  3. Gunakan kosmetik, perlengkapan mandi, dan tabir surya yang bersifat non komedogenik dan non aknegenik.
  4. Hindari memegang, memijat, atau mengeluarkan komedo untuk mencegah timbulnya bekas luka

Untuk lebih lengkapnya Sobat dapat membaca tautan berikut https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/serba-serbi-komedo .
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.