Kulit belang atau jamur ya?

jadi gini dok, kulit saya ini belang atau jamur ya? soalnya kejadian ini semenjak kelas 2 smp sampai sekarang (2 smk). tapi kulit putih putih yg belang saya ini gk gatel kalau sedang keringat. (Kalau panu kan gatel kalau keringat. Tapi saya tidak).

apakah ada cara alaminya Dok untuk mengatasinya? Atau ada cara lain seperti sabun mandi atau apalah gitu.

Bagaimana ya dok? Terimakasih?

7 answer

Staff 01/08/2017
Public

Selamat siang.
Perbedaan warna kulit dapat disebabkan oleh beberapa penyakit kulit seperti panu (infeksi jamur), vitiligo (penyakit autoimun di mana sel imun tubuh merusak sel pigmen yang memberi pewarnaan pada kulit), kusta (infeksi bakteri), dll.
Untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan Sobat, sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang yang dianggap perlu untuk dapat mengetahui penyebab keluhan dan mengatasinya dengan tepat.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh ya.

#1

siang ?

adakah sabun yg direkomendasikan untuk kulit belang seperti ini? Seperti sabun Oilum atau Asepso atau sebagainya? (Adakah Dok?).

soalnya waktu itu saya sudah berkonsultasi ke doker kulit, katanya ini mah hanya seperti masa pertumbuhan dan dia bertanya kalau gatel berarti panu ketika tengah berkeringat. Nyatanya, saya tidak merasa gatal saat berkeringat. Jadi adakah sabun mandi atau obat lainnya yg di rekomendasikan Dok?

terimakasih?

#2
Staff 01/08/2017
Public

Selamat siang.
Mohon maaf saya tidak dapat memberikan resep obat tanpa pemeriksaan langsung. Jika menggunakan sabun antiseptik dikhawatirkan membuat kulit mengalami kekeringan dan iritasi dan malah memperburuk keluhan Anda. Jika menggunakan sabun yang mengandung pelembab seperti yang Anda sebutkan di atas padahal Anda mengalami infeksi jamur, ini malah akan memperburuk lesi kulit.
Maka menurut saya sebaiknya Anda mencari second opinion dari dokter kulit lain, karena hal ini sudah berlangsung selama kurang lebih 3 tahun. Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan langsung terutama pada penyakit kulit, agar penyebabnya dapat diketahui dengan pasti dan terapinya sesuai.
Semoga lekas sembuh ya.

#3
Staff 01/08/2017
Public

Selamat siang.
Saya tidak bisa memastikan apakah akan ada prosedur penyuntikan dalam menegakan diagnosa atau melaksanakan terapi, karena tergantung dokter yang bersangkutan.
Beberapa langkah berikut dapat mengurangi / melawan rasa takut yang muncul :

  • ceritakan ketakutan Anda ke petugas medis sehingga petugas dapat menjelaskan mengenai tujuan suntikan, manfaat yang Anda peroleh dari suntikan tersebut, sekaligus untuk mengantisipasi respon fobia yang muncul, misalnya dengan :
    • mengggunakan anestesi topikal untuk meredakan rasa sakit akibat suntikan jarum
    • memposisikan tubuh Anda dengan baik (terutama bila Anda memiliki riwayat pingsan, maka posisi berbaring adalah pilihan terbaik)
  • alihkan perhatian Anda selama disuntik dan cobalah rileks, misalnya dengan memikirkan hal yang lain, mendengarkan musik, hindari melihat jarum saat disuntikan, gunakan teknik pernafasan, ataupun metode batuk-batuk (pastikan mengkomunikasikannya dengan petugas medis terlebih dahulu)
#5
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.