keluar darah setelah jadwal menstruasi apakah tanda kehamilan

Hallo dokter, saya anisa 22 tahun..baru seminggu menikah, saya ingin bertanya dokter.. jadwal menstruasi terakhir saya tanggal 19 juli dan selesai tanggal 24 juli.. kemudian saya berhbungan dengan suami tanggal 27 juli..tapi sperma tidak dikeluarkan didalam karena kami masih terikat pekerjaan yang belum memungkinkan punya momongan..kemudian muncul flek kemerahan pada tanggal 31 juli..
siklus mens saya 28 – 33 hari dok.. yang ingin saya tanya..
1. Penyebab muncul flek merah itu apa ya dok? Saya ada googling..apakah termasuk implantasi atau hanya karena faktor lain?
2. Apakah flek itu merupakan tanda hamil.. dan metode yang aman untuk menunda kehamilan tanpa mengganggu kesuburan.. terima kasih dok..?

2 answer

Halo Sobat,
Jika Sobat yakin sperma tidak dikeluarkan di dalam, kemungkinan hamil menjadi sangat kecil. Flek bisa disebabkan bermacam-macam yaitu gangguan hormonal, kelainan pada alat reproduksi, kelelahan fisik, mengkonsumsi obat-obat-obatan tertentu. Jika Sobat ingin mengetahui hamil atau tidak bisa dengan melakukan test pack kehamilan atau dengan berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kandungan.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
  1. Terima kasih dr andini, atas jawabannya..jk bukan flek darah implantasi saya ingat dok pada tanggal 27 juli stlah brhbubgan.. saya langsung mengkonsumsi norelut (norethisterone 5 mg) sebanyak 1 tablet.. apakah flek tgl 31 tersebut bisa karena efek penggunaan obat ini ya dok?

Selamat malam ibu, untuk menentukan flek yang dialami merupakan tanda implantasi atau tidak, ibu bisa melakukan tes pack, beberapa hari setelah implantasi,  bakal plasenta akan menghasilkan hormon kehamilan. Hormon ini dapat dideteksi melalui tes pack. Terkait metode yang aman untuk menunda kehamilan tanpa mengganggu kesuburan ibu, metode tersebut adalah penggunaan kondom setiap kali hubungan intim dilakukan. semoga membantu, salam sehat

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.