apakah asma pada anak bisa disembuhkan, dan bagaimana cara mengatasinya?

Selamat sore dok..
Saya ingin bertanya, Anak saya usia 5,5 thn, dan divonis punya asma semenjak usia 4 tahun, padahal dr riwayat keluarga tidak punya asma.. setiap memasuki dini hari (pas cuaca dingin) nafasnya suka terdengar seperti ada dahak, dan terkadang ada bunyi ngik walaupun hanya tipis sekali..( terdengar jika telinga saya tempelkan didadanya) dan disertai batuk.
kira2 apakah anak saya bisa sembuh dari asma, dan apakah pemberian antibiotik terlalu sering bisa jadi pemicu asma?? karena setiap kali periksa selalu diberi antibiotik.

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Penyakit asma pada anak perlu ditangani secara berbeda pada setiap anak tergantung usianya. Penyebab dasar asma belum diketahui, namun ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya asma seperti lahir prematur dan berat badan kurang, paparan asap rokok, adanya di dalam keluarga yang terkena asma juga, infeksi saluran pernafasan yang berulang, riwayat alergi. 
Untuk menjawab pertanyaan Sobat, seharusnya obat antibiotik tidak menyebabkan terjadinya asma, namun infeksi pernafasannya yang berulang yang dapat memicu keadaan asma.
Asma dapat dikendalikan namun tidak dapat disembuhkan. Pengobatan asma dilakukan agar anak dapat tetap beraktivitas normal, meminimalisir kunjungan ke dokter.
Konsultasi Ke Dokter Spesialis Anak untuk dapat menentukan metode pengobatan yang sesuai untuk anak Sobat.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.