1 Jawaban Dokter

Staff 31/07/2017
Public

Selamat siang.
Anda dapat menstimulasi anak untuk berbicara dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Ajak anak berkomunikasi walaupun ia belum dapat berbicara dengan jelas. Ketika orang tua mengajaknya berbicara, anak akan meniru kata-kata yang dikeluarkan oleh orangtua. Lakukan hal ini untuk menambah pembendaharaan kata anak.
  • Berbicaralah dengan anak menggunakan kata-kata yang jelas dan benar. Misal: makan bukan mamam, minum bukan mimik, susu bukan cucu, dll.
  • Jika anak berusaha berkomunikasi dengan Anda secara non verbal, jangan hanya memberikan  apa yang ia minta. Akan tetapi, ajak ia berbicara untuk menunjukan bahwa Anda berusaha untuk memahaminya (misal: ketika anak memberikan mainannya untuk mengajak Anda bermain, pegang mainan tersebut sambil mengajaknya berbicara “(Nama anak) mau main ini? Senang ya bermain dengan mainan ini?”
  • Jelaskan apa yang Anda lakukan dalam kata-kata ketika memandikan anak, mengganti pakaiannya, menyuapi makanan, dll. Misalnya, “Kita pasang kaus kaki merahnya (nama anak) ya”, “Ibu potong wortel untuk (nama anak) makan ya”, dll.
  • Sediakan waktu agar anak dapat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Hal ini akan memotivasi anak untuk belajar bicara, karena bermain bersama anak lain membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.
  • Batasi waktu anak dalam menonton TV dan bermain dengan smartphone. Jika melakukan hal ini lebih dari 1 jam per hari, anak cenderung menjadi pasif, kurang peka dan kurang fokus ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit seperti gangguan pendengaran, autisme, dll.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.