Kencing berbusa

Pagi Dok, Saya perhatikan satu bulan terakhir urin saya berbusa. Saya melakukan uji urin lengkap, hasilnya sebagai berikut rasio albumin kreatinin 7 (nilai rujukan dibawah 30), ureum normal, GFR 130, Albumin 25(+1), eritrosit, leukosit, glukosa negative, elemen mikro negative, pH 5.5, berat jenis normal. Saya juga perhatikan jika minum banyak yang mengakibatkan saya sering berkemih, busa pada urin saya tidak ada namun hanya bertahan sementara dan jika sudah minum dengan jumlah seperti biasa, busanya kembali muncul. Saya juga didiagnosa dengan diabetes tipe 2 namun sudah terkontrol dengan Hba1c 6.4 tanpa minum obat (diet dan olahraga teratur). Mohon analisa dokter mengenai kondisi saya ini.

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat,
adakah keluhan lainnya seperti pembengkakan pada kaki, gangguan kencing lainnya (anyang-anyangan), nyeri pada perut bawah, dsb? adakah riwayat penyakit lainnya seperti darah tinggi, penyakit hati? adakah obat yg rutin dikonsumsi?
berdasarkan hasil pemeriksaan urin lengkap anda, terdapat peningkatan albumin yg cukup signifikan yg dapat menandakan adanya kelainan ginjal atau dapat juga kemungkinan terkait dengan kelainan fungsi hati. untuk mengetahui hal tsb lebih lanjut, diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam atau langsung kepada dokter urologi karena kelainan kemungkinan besar lebih kepada gangguan fungsi ginjal. terlebih anda memiliki riwayat penyakit diabetes, walaupun berdasarkan nilai HbA1c anda masih dalam batas normal.
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.