saya mau tanya dok, kulit saya akhir2 ini terasa kering padahal saya sudah pake lotion pelembap juga masih kering dan kulit disekitar puting payudara saya juga kering dan ada yg mengelupas. apakah itu berbahay atau tidak dok? terimakasih dok

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi, sobat
Selain kulit yg dirqsakan kering, adakah keluhan lain, seperti gatal, kemerahan, rasa perih, dsb? Adakah riwayat pemakaian obat2an tertentu spt kosmetik yg dipakai di daerah kulit yg dirasa kering, selain lotion?apakah ada riwayat alergi dan iritasi terkait kontak dengan bahan tertentu, spt sabun, arau bahan kimia lainnya?
Kulit kering dpt disebabkan oleh byk hal, terkait dengan usia ( biasa dialami oleh lansia), sensitifitas kulit terkait kontak dgn baham tertentu (sabun,bahan kimia,kosmetik tertentu, dsb) ataupun infeksi. Namun biasanya jika infeksi disertai pula dgn keluhan lain seperti rasa gatal, gejala demam, ada nya nanah, dsb. Unuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan lanjutan selain pemakaian lotion yg dpt membantu menjaga kelembaban kulit. Kami sarankan anda mengonsumsi air putih yg cukup jg pola istirahat yg baik untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi makanan bergizi dan hindari paparan sinar matahari lgs dgn pemakaian sunblock.
Terkait daerah kering di payudara anda dpt pula mengaplikasikan pelembab di daerah tsb jika anda tdk sedang menyusui. Jika tdk ada keluhan bermakna umumnya bukan merupakan suatu hal serius.
Namun jika semakin berat dan dirasa mengganggu kami sarankan sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk dpat dilakukan pemeriksaan dan tata laksana yg sesuai. Demikian semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.