mata minus

mata saya terkena minus,kiri dan kanan 2,5, setelah sebulan saya rajin meminum wortel ada perubahan yang saya rasakan pada mata saya, mulanya saya tidak bisa melihat tulisan yang ada di slide tetapi ketika meminum jus wortel tulisan tersebut dapat saya lihat,pertanyaan saya, apakah benar jika kita rajin meminum jus wortel maka mata kita yang minus dapat turun atau bahkan sembuh?

1 Jawaban Dokter

Staff 24/07/2017
Public

Selamat siang.
Wortel mengandung banyak vitamin A yang berperan dalam produksi rhodopsin (protein dalam sel batang di retina yang berfungsi untuk melihat dalam keadaan kurang cahaya/gelap). Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dan xeroftalmia (kekeringan pada mata) yang jika dibiarkan dapat bertambah parah dan mengakibatkan kebutaan.
Berdasarkan data ilmiah, vitamin A tidak berpengaruh terhadap mata minus. Mata minus terjadi oleh karena gangguan refraksi, yaitu sumbu mata (jarak kornea-retina) terlalu panjang atau daya bias kornea, lensa atau akuos humor (cairan bilik mata) terlalu kuat. Penanganan mata minus adalah dengan mengkoreksi penglihatan dengan memakai kacamata, lensa kontak, atau operasi lasik.
Akan tetapi jika Anda merasa dengan mengkonsumsi wortel penglihatan Anda membaik, tidak ada salahnya diteruskan. Namun tetap berkonsultasi rutin dengan dokter spesialis mata dan menggunakan koreksi seperti kacamata atau lensa kontak dengan teratur ya.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.