anak sesak nafas karena alergi susu sapi, coklat, telur ayam dan turunannya

anak laki2 usia 3th 3bln,BB 17,5kg tinggi 104cm, ketauan alergi usia 2th ruam merah di kulit brp bintik2, batuk grok grok dan tiba tiba akhir akhir ini jika makan alergennya dikit aja langsung sesak nafas.. kapan alergi anak saya akan sembuh..saya takut asma..terapi apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan anak saya.. kasian jika harus minum obat terus menerus..skrg anak sy konsumsi sufor nutrilon royal soya tahap 4. kasian sekali jika sesak selalu opname.. karna harus di nebul per 6 jam dan suntik antibiotik lewat infus..DSA kami baru baru ini menyarankan kami ke surabaya untuk berobat ke dokter spesialis alergi imunologi anak.. mohon petunjuk ya dari pihak dokter/medis nutricia..thanks..

1 Jawaban Dokter

bu menyambung jawaban yg tadi ya bu. kalau ibu ke surabaya terapi imunterapinya masih disuntik setiap bulan bu. kalau mau yg hanya di tetes dibawah lidah paling dekat di singapore. tp itu pun mahal sekali harganya. saran saya bu, ibu coba dulu kenali penyebabnya. terpaksa anak ibu jangan makan makanan yg mengandung susu sama sekali, susunya di stop saja dulu. untuk kalsium anak minum suplemen dahulu. kalau memang alerginya berkurang berarti memang alergi susu. kalau masih muncul alerginya baru singkirkan makanan yg mengandung telur.
berikan obat cetirizin secara teratur selama 1 thn dan gunakan kontroler asma secara rutin setiap hari. bila ti
tidak perbaikan juga dapat diberikan obat singula*r secara rutin. berdasarkan pengalaman saya asma dapat terkontrol bu. tp semua obat itu baiknya diberikan atas supervisi dokter anak bu. coba ibu datang ke dokter anak ahli alergi atau paru dahulu bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.