Bagaimana cara mengatasi mens tidak teratur dan apa penyebab mengeluarkan bercak?

Assalamualaikum, dok saya mau bertanya. Selama ini siklus mens saya tidak teratur . Sering terlambat dan kadang sebulan tidak mens sebulan lagi mens. Saya juga sering mengalami keputihan. Bulan kemarin saya tidak mendapat mens dok, kemudian minggu kemarin tepat tanggal 14 saya berhubungan dan tiba-tiba mengeluarkan darah. Setelah berhubungan cuman keluar darah sedikit selanjutnya hanya flek, keesokannya baru keluar darah banyak seperti menstruasi. sebelum2nya saya tidak pernah seperti itu setelah berhubungan. Besoknya saya mengalami mens dok sekitar 5 hari. Apakah terjadi sesuatu terhadap saya dok?

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat Dinda,
sudah berapa lama keluhan tsb anda alami? selain keluhan gangguan mestruasi dan keputihan, adakah keluhan lainnya, seperti nyeri perut, gatal-gatal pada organ intim, bercak kemerahan, dsb? apakah anda sudah memiliki anak? adakah riwayat penyakit tertentu? adakah obat-obatan yg anda konsumsi selama ini untuk mengatasi keluhan anda? adakah riwayat pemakaian KB sebelumnya? apakah keputihan berwarna dan berbau?
periode menstruasi yg tidak teratur dapat dipengaruhi banyak hal, seperti masalah hormonal yg juga dapat dipengaruhi oleh stress, riwayat pemakaian KB hormonal sebelumnya, dsb), dapat juga terkait dengan penyakit tertentu pada organ reproduksi, seperti myoma, adenomiosis, namun, keluhan terkait penyakit tsb biasanya disertai pula dengan gejala lain, seperti misalnya nyeri menstruasi.
normalnya, organ intim wanita mengeluarkan sekret untuk menjaga kelembaban dan pH organ intim, namun biasanya tidak berbau, variasi warna dapat berwarna bening atau sedikit kental yg juga dapat menjadi indikator masa subur. oleh karena itu, untuk memastikan hal tsb adalah keputihan terkait infeksi aatau hal yg normal, serta mengenai kesehatan organ reproduksi anda, kami anjurkan anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan (sp>OG) guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tata laksana yg sesuai. demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.