Bagaimana cara mengetahui dampak virus rubella terhadap bayi di kandungan

Malam dok, salam kenal ya. Saya adelina, saya skrg sdg hamil anak ke2 usia kandungan saat ini 6 bln. Beberapa minggu yg lalu anak pertama saya terkena rubella dan saya bawa berobat dokternya bilang jgn dekat2 sama ank dulu takutnya bisa tertular ke janin saya. Minggu lalu saya usg, dr bilang kondisi baby saya sehat. Tp saya baca artikel bahwa rubella dapat sebabkan cacat pada janin, sya jd kuatir bgt dok. Bagaimana menurut dokter?? Tks

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi Ibu Adelina,
virus Rubella, jika menyerang wanita yang sedang hamil, terutama sebelum usia kehamilan 5 bulan, rubella berpotensi tinggi untuk menyebabkan sindrom rubella kongenital/bawaan sejak lahit, atau bahkan kematian bayi dalam kandungan.  Sindrom rubella kongenital dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, seperti tuli, katarak, penyakit jantung kongenital, kerusakan otak, organ hati, serta paru-paru. Diabetes tipe 1, hipotiroidisme, serta pembengkakan otak juga dapat berkembang pada anak yang terlahir dengan sindrom ini.
pemeriksaan yg dapat dilakukan terhadap ibu hamil jika terdapat faktor risiko penularan rubella adalah dengan pemeriksaan antibodi rubella melalui laboratorium darah. Apabila terdapat antibodi IgM, berarti Anda sedang mengidap rubella. Sedangkan keberadaan antibodi IgG menandakan bahwa Anda pernah mengidap rubella atau sudah menerima vaksinasi.Pemeriksaan rubella juga bisa dimasukkan dalam serangkaian tes prenatal untuk ibu hamil, khususnya untuk yang berisiko tinggi. Pemeriksaan ini dilakukan melalui tes darah. Jika ibu hamil didiagnosis mengidap rubella, pemeriksaan lanjutan yang mungkin dianjurkan adalah USG dan amniosentesis. Amniosentesis adalah prosedur pengambilan dan analisis sampel cairan ketuban untuk mendeteksi kelainan pada janin.
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat. salam sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.