dokter saya udah seminggu terakhir banyak tumbuh benjolan kecil kecil dikepala ngatal dan sakit

Dokter saya alamin mualanya tumbuh benjolan kecil-merah dikepala ,gatal dan saya garuk eh lama lama jd agak besar dan tmbuh sekali 3-5titik. Saya harus berobat dengan Dokter apa ahli Dalam kah atau penyakit kulit kahg atau dokter apa yg harusnya mohon petunjuk

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
sudah berapa lama keluhan berlangsung? apakah ada keluhan lain, seperti adanya nanah, berbau, kerontokan/kebotakan, kulit kepala bersisik, dan gejala demam rambut?
berdasarkan keluhan yg anda kemukakan, kemungkinan kemungkinan anda terkait dengan infeksi jamur. infeksi jamur pada kulit kepala (tinea kapitis) memiliki gejala yg bervariasi. pada kulit kepala tampak area biasanya berbentuk bulatan, berwarna merah, dan kadang-kadang bengkak.
Kebotakan juga bisa terjadi pada area yang terinfeksi. Biasanya pada sisi kepala yang mengalami kebotakan tersebut akan tampak pola titik-titik hitam yang sebenarnya merupakan rambut yang telah patah. Pada kasus tinea capitis yang parah, terdapat luka di kulit kepala yang mengeluarkan nanah.
Selain gejala-gejala di atas, tinea capitis juga bisa disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan demam ringan. penularan biasanya terkait dengan paparan terhadap agen pembawa, yg paling banyak adalah hewan, seperti misalnya anjing, kucing.
untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. anda dapat memeriksakannya ke dokter umum/dokter spesialis kulit dan kelamin. sementara itu, untuk mencegah penularan, sebaiknya tidak memakai barang, seperti sisir, handuk bersama dengan orang lain. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.