Diare

Anak saya kalau minum susu lebih dari 2 kali (pagi dan malam sebanyak 200 ml) langsung diare…padahal saya ingin memberikan susu di siang hari sebelum tidur siang karna makannya sedikit. Tetapi setiap saya kasih susu lebih dari 2x sikecil diare…apakah pemberian susu lebih bisa menyebabkan diare? Dan apakah saat diare boleh diberikan susu?

1 Jawaban Dokter

Diare dapat terjadi karena berbagai sebab, antara lain infeksi, alergi, intoleransi, keracunan makanan.
dalam kaitannya dengan susu, diare dapat terjadi karena alergi protein susu, intoleransi laktosa, kekentalan / takaran susu yang kurang tepat.
intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan saluran cerna untuk mencerna laktosa sehingga menimbulkan gangguan pencernaan, salah satunya diare.
takaran susu yang terlalu kental / pekat jugadapat memicu diare.
penambahan  nutrisi karena anak sulit makan sebetulnya tidak harus dengan penambahan susu, namun lebih disarankan dengan menambah snack yang bernilai gizi tinggi misalnya alpukat, kacang2an, puding susu, bubur kacang hijau dsb
yang perlu diingat adalah susu formula bukan pengganti makanan. Susu dapat diberikan sebagai tambahan namun tidak untuk menggantikan porsi makan. Anak yg sulit makan dapat diatasi dengan cara:melibatka anak dalam mempersiapkan dan pemilihan makanan, pada anak yg lebih besar dapat diajak memasak secara sederhana, makan bersama anggota keluarga lain, variasikan makanan dan sajikan makanan dalam bentuk menarik misalnya dengan mencetak nasi dengan bentuk beruang dsb.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.