sesak nafas

siang dok. saya mau tanya penyebab dan solusinya. jadi begini sudah 3 bln ini saya selalu mengalami susah bernafas dengan lancar. jika makan dikit/banyak akan selalu bersendawa berkepanjangan dan sakit dibagian dada bagian kiri. rasa nya seperti berat di bagian dada bagian kiri. jika bernafas jg terkadang harus mengangkat tangan kiri ke atas. saya pernah periksa, tp hanya diagnosa jika terkena maag dan kurang makan teratur. tp setelah saya periksa itu saya makan teratur dan smpai skrg masih tetap saja. bagaimana ya dok? terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/07/2017
Public

Selamat siang.
Keluhan yang Sobat alami kemungkinan besar disebabkan oleh gangguan lambung yang menyebabkan penumpukan gas di dalam saluran cerna sehingga menyebabkan nyeri pada dada bagian kiri, sulit bernapas, dan sendawa berkepanjangan.
Sobat dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Makan secara teratur sebanyak 3 kali makan utama dan 2 kali makanan selingan setiap hari
  2. Hindari makanan yang bersifat mengiritasi lambung seperti makanan asam dan pedas
  3. Konsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak. Kurangi konsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, atau es krim
  4. Minumlah obat yang diresepkan oleh dokter secara teratur

Sobat dapat berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam subspesialis Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH). Keluhan dispepsia atau gangguan lambung yang telah berlangsung lebih dari 2 bulan menjadi salah satu indikasi pemeriksaan endoskopi. Diskusikan dengan dokter apakah pemeriksaan ini diperlukan oleh Sobat.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.