Albumin pada urin

Saya Andi umur 31 tahun, saya didiagnosa diabetes sejak juni 2017 (sejak itu saya kontrol gula darah dengan diet dan olahraga, sebulan terakhir rata2 gula darah saya 123 mg/dl). Setelah melakukan uji urin untuk tahu kesehatan ginjal saya, rasio albumin kreatinin saya 7 (nilai rujukan <30) namun nilai albumin urin saya 25(+1). Apakah saya sudah termasuk menderita proteinuria? Bagaimana mengatasinya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 10/07/2017
Public

Selamat pagi.
Berkonsultasilah dengan dokter yang merawat Sobat mengenai jumlah maksimal asupan protein Sobat. Dokter akan menyesuaikan hal ini dengan kondisi klinis masing-masing orang.

  • Pilihlah protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe
  • Protein hewani tetap penting untuk tubuh. Pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah seperti ayam, ikan, putih telur, . Hindari konsumsi daging yang mengandung banyak lemak seperti sosis, tulang iga, bagian kulit unggas, dll
  • Olah makanan dengan cara memanggang, membakar, merebus, atau mengkukus. Hindari mengkonsumsi makanan yang digoreng.
  • Konsumsi susu dengan kandungan lemak 1% atau lebih rendah. Hindari mengkonsumsi produk olahan susu seperti yogurt dan keju.
  • Kontrol rutin secara berkala untuk menjaga agar kadar gula darah Sobat dalam batas normal. Gula darah yang terkontrol mengurangi risiko terjadinya perburukan pada gangguan ginjal.

Semoga dapat membantu dan sehat selalu ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.