Anak susah makan dan hanya ASI yg banyak yg membantu menjaga BBnya

Anak perempun,usia 1.5th tp susah makan. Namun kadang mau makan, tp porsinya dikit. Hanya 1-4sendok kecil saja. Moddy kalau mau makan. Kadang dalam 1hari tidak mau makan. Tapi, ASI mau. Dibantu diberikan sufor, hasilnya BABnya cair dan muntah2.

1 Jawaban Dokter

Perlu diketahui apakah hal ini berlangsung sejak awal mpasi atau belakangan ini saja?
makan merupakan keahlian yang perlu dipelajari dan hal ini dipelajari secara bertahap sejak pemberian mpasi. Seharusnya mpasi diberikan semakin lama semakin banyak jumlahnya, semakin padat dan kasar teksturnya, serta bervariasi rasa dan teksturnya. Dengan cara ini maka anak perlahan akan beralih ke makanan dan asi bukan sebagai sumber gizi utama.
Setela usia 6 bulan maka asi sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi anak. Oleh karena itu perlu pemberian makanan. Adanya hambatan dalam proses ini dapat berakibat kekurangan gizi pada anak.
kemampuan untuk makan selain dipengaruhi oleh pemberian mpasi, juga dipengaruhi oleh sistem saluran cerna mulai dari mulut, gigi, lambung, usus dan organ lain yg berkaitan. Oleh karena itu sebaiknya anak diperiksakan ke dokter untuk memastikan ada tidaknya gangguan pada sistem pencernaan anak yang menjadikan anak sulit untuk makan di usianya sekarang.
disarankan untuk mengurangi pemberian asi agar anak tidak kenyang saat waktu makan, terlalu banyak pemberian asi / cemilan membuat anak sudah kenyang saat waktu makan.tetapkan jadwal makan yang teratur yaitu 3x makan utama dan 2x selingan. Asi / susu formula dapat diberikan pagi setelah bangun tidur dan malam hari saat akan tidur.
bila terdapat respon yang tidak diinginkan dalam pemberian susu formula maka hentikan penggunaannya. Kemungkinan anak alergi atau mengalami intoleransi laktosa.
 
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.