Bayu saya terlihat sangat berusaha sekali apabila mengedan

Bayi saya dari lahir minum sufor merk bebelove namun hanya berjalan semingu tiba2 bayi setiap kali pup terlihat ngeden sekali dan yang semula pup 3-4 kali sehari berubah menjadi sehari sekali, lalu oleh dokter anak di suruh untuk menggunakan nutribaby royal allerpre dan pupnya berubah menjadi sehari 2 kali namun ngedennya itu tetap sulit sekali sampai kasian kalau ngeliat dia ngeden

1 Jawaban Dokter

bayi sebenarnya memang mengedan bu bila ingin BAB. tetapi bila mengedannya terlalu keras atau fesesnya keras, berarti memang konstipasi.

pertama-tama untuk bisa BAB dengan lancar perlu keseimbangan antara jumlah makanan, jumlah serat, jumlah cairan atau air putih dan toilet training. untuk anak dibawah 18 bulan toilet training belum dilakukan. Berarti untuk anak ibu yang perlu dilakukan menelaah jumlah makanan, jumlah serat, dan jumlah cairannya serta mencari apakah ada makanan tertentu yang anak ibu alergi.

untuk susunya ibu boleh coba ganti dengan S26 bila masih keras juga berarti harus ganti dengan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.