Apakah diet yang saya lakukan sudah efektif?

Dok, saya ingin bertanya. Saya sedang melakukan program diet. Di pagi hari untuk sarapan saya meminum air jeruk nipis hangat dan memakan buah, sedangkan untuk makan siang dan makan malam (sebelum pukul 7 malam) saya mengganti nasi putih saya dengan nasi merah dengan lauk sayur-sayuran, daging atau tahu tempe. Saya mengurangi asupan gula saya dengan tidak meminum minuman manis sama sekali, hanya air putih. Untuk camilan pun saya selalu usahakan untuk memakan buah, sesekali dalam sehari beberapa butir biskuit. Selain menjaga pola makan saya juga melakukan olahraga cardio atau aerobik 3 kali seminggu selama lebih kurang 30 menit. Dengan pola diet yang seperti apakah sudah benar dok? Apakah asupan gula masuk ke dalam tubuh saya sudah cukup? Terima kasih sebelumnya dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 05/07/2017
Public

Selamat pagi.
Program menurunkan berat badan yang Sobat terapkan sudah baik.
Beberapa masukan dari saya adalah tukar menu sarapan dengan menu makan malam. Sarapan dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi cukup agar dapat beraktivitas dengan optimal sepanjang hari. Mengurangi asupan kalori pada makan malam pun penting karena malam hari sebagian besar waktu kita dihabiskan untuk beristirahat.
Jangan lupa untuk beristirahat kira-kira 6 hingga 8 jam per hari. Hal ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu mengurangi asupan makanan yang diperlukan oleh tubuh.
Selain itu, tingkatkan durasi olahraga secara perlahan. Hindari menimbang berat badan terlalu sering, karena penurunan berat badan dalam jumlah besar biasanya hanya terjadi di awal masa diet. Penurunan berat badan akan melambat dan ini merupakan hal yang normal.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.