Cara penyembuhannya selain operasi

Kurang lebih setahun yang lalu saya jatuh dari motor dengan posisi kaki kanan menahan. Lalu kurang lebih tiga hari setelahnya mulai terasa nyeri dan muncul seperti benjolan ( kalau dilihat saya seperti punya 2 Mata kaki dlm satu sisi). Lalu orang tua saya menyatakan untuk diurut, setelah diurut justru lengkungan kaki saya mengalami penebalan. Akhirnya saya ke dokter orthopedi, saat itu saya melakukan rontgen. Hasilnya tulang says baik baik saja. Setelahnya dokter memberi obat dan bilang harus dioperasi jika ingin sembuh total, karena katanya kemungkinan tendon saya robek. Saya takut dioperasi karena masa ppenyembuhannya yg lama, tapi sering kali kaki kanan saya terasa lebih sering pegal. Nah, apakah ada cara lain selain operasi, dok?

Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 05/07/2017
Public

Selamat pagi.
Tendon yang sobek dapat diterapi dengan dua cara, dengan dan tanpa pembedahan, tergantung kondisi klinis pasien.
Tanpa pembedahan, terapi tendon yang sobek dilakukan dengan melakukan imobilisasi pada area yang terkena trauma. Pada kasus Sobat, imobilisasi kaki biasanya membutuhkan waktu 4-8 minggu. Dokter akan memasangkan alat khusus untuk menjaga agar kaki Sobat tetap berada pada posisi yang sama dan meminimalisir pergerakannya sehingga tendon dapat beristirahat dan proses penyembuhan oleh tubuh dapat optimal.
Sobat dapat mendiskusikan pilihan terapi ini dengan dokter ortopedi. Apakah memungkinkan dilakukan untuk kasus Sobat, serta keuntungan dan kerugian dari teknik pembedahan dan non pembedahan.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.