kaki bengkak

Hi dokter, saya mau tanya ibu saya sempat mengalami kesulitan tidur dmalam hari dimana dadanya terasa sesak dan hrus duduk terlebih dlu skitar 15-20mnt bru setelah itu bisa tidur. Dan terkadang kaki sebelah kiri membengkak. Saya pernah membawa k dokter umum dan dmnt untuk rotgen jantung setelah itu hasilnya ibu indikasi pembengkakan jantung , saya cb alternatif k dktr umum lainnya tp infonya berbeda dmn kmgkinan hanya karena obesitas (ibu memang berukuran besar). Saya blm bs membawa lgsg k dktr jantung krn ibu sangat susah untuk d suruh berobat k dktr.
Saya mau tanya apakah gejala ini mmg bnr krn sakit jantung? Untuk saat ini ibu tidak mengeluh lagi sakit d dadanya tapi kaki masih kadang membengkak

2 answer

Staff 04/07/2017
Public

Selamat siang.
Keluhan dada sesak, lebih nyaman pada posisi tidur dibandingkan berbaring, dan bengkak pada kaki, memang menjurus ke gangguan jantung dan juga diperkuat dari hasil rontgen.
Saya tetap menyarankan Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah. Berikan pengertian pada orang tua Sobat bahwa konsultasi ini amat penting untuk dapat segera mendiagnosa dan memberikan terapi yang sesuai.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.