Diabet

Dok mau tanya, ayah saya mengalami sakit diabet dan skg kesehatannya benar\\" menurun badannya kurus dan skg sering mengeluh bagian persendian tangan ngili dan sakit. Pada bagian telapak kaki berasa seperti ada pasirnya terus kalau minganjak lantai. Itu knp ya dok dan harus bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih

2 answer

Staff 03/07/2017
Public

Halo Sobat,
Pada penderita Diabetes Melitus (DM), penurunan berat badan dapat merupakan bagian dari gejala penyakit atau efek samping dari obat yang dikonsumsi. Hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter yang merawat ayah Sobat selama ini untuk mengetahui penyebabnya.
Keluhan ngilu dan nyeri pada sendi tangan dapat diakibatkan oleh gangguan pada tulang yang lebih rentan dialami oleh pasien DM karena terganggunya produksi kalsium. Berikan susu dengan kandungan lemak 0-1% untuk menambah asupan kalsium tanpa menambah asupan lemak dan gula. 
Sedangkan sensasi seperti terdapat pasir pada telapak kaki saat menginjak lantai kemungkinan besar diakibatkan oleh gangguan pada saraf yang memang sering terjadi pada penderita DM. Perlu dilakukan konsultasi dengan dokter agar dapat diberikan fisioterapi yang tepat sesuai dengan kondisi klinis ayah Sobat (misalnya penggunaan alas kaki khusus, dll).
Saran saya, sebaiknya Sobat mengajak ayah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam yang selama ini merawat ayah Sobat mengenai keluhan-keluhan ini. Pengontrolan kadar gula darah amat penting dalam mencegah komplikasi yang mungkin dicetuskan oleh penyakit DM.
Semoga informasi ini dapat membantu ya.

#1

Iya dok terimakasih. Masalahnya ayah saya sulit untuk diajak periksa ke doktor. Ayah saya cuma mengkonsumsi obat herbal sama terapi pakai air kelor. Paling gak bisa diajak ke dokter

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.