Waktu untuk berhubungan intim dengan istri tanpa bantuan alat kontrasepsi

Permis dokter, izin untuk bertanya dan mohon bantuannya..
Jadi begini dok, saya sudah menikah dengan istri saya 2 bulan yang lalu..
Tetapi kami sepakat untuk tidak memiliki anak dulu..
Tetapi saya bingung dok, bagaimana cara saya agar tidak mempunyai anak dahulu padahal kami pengantin muda yang lagi panas”nya, dan juga istri saya menolak untuk menggunakan alat kontrasepsi apapun itu..
Untuk berjaga-jaga apakah ada waktu yang dikhususkan untuk berhubungan tetapi tidak pada masa subur dok ??
Sekian dan mohon bantuannya dok, terimakasih..

1 Jawaban Dokter

Staff 03/07/2017
Public

Halo Sobat,
Terdapat beberapa jenis pilihan metode untuk menunda kehamilan tanpa kontrasepsi, di antaranya yaitu:
1. Pantang berkala / sistem kalender
Secara ideal, pantang melakukan hubungan seksual selama dan sekitar waktu ovulasi dapat mencegah kehamilan. Ovulasi paling sering terjadi sekira 14 hari sebelum siklus menstruasi berikutnya, namun sayangnya hal ini tidak selalu menentu. Banyak faktor yang dapat mempercepat atau memperlambat siklus menstruasi. Metode ini dapat dikatakan kurang dapat diandalkan.
2. Senggama terputus / Coitus interuptus
Teknik ini tidak menggunakan alat atau obat. Pada saat hubungan seksual, maka harus dipastikan bahwa sperma tidak dikeluarkan di dalam vagina, melainkan di luar vagina. Teknik ini memiliki kelemahan, karena sperma dapat keluar lebih awal daripada yang diperkirakan.
Perlu Sobat ingat bahwa tidak ada metode yang dapat mencegah kehamilan 100%. Oleh karena itu, Sobat dan pasangan dapat mempertimbangkan untuk mengkombinasikan beberapa metode untuk meningkatkan kemungkinan pencegahan kehamilan, sambil berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau bidan Sobat.
Jika Sobat tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai alat kontrasepsi, Sobat dapat membaca informasinya pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/mari-pilih-alat-kontrasepsi-yang-tepat.
Semoga informasi ini dapat membantu ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.