Takut Hamil karena Foreplay

Halo Dok, saya mau tanya dok. Saya dengan pasangan saya sempat melakukan hubungan yang dikenal sebagai third base; (foreplay tetapi tidak ada penetrasi sama sekali). Kami berdua sempat membicarakan dan sepakat untuk tidak sampai melakukan hubungan seks. Kami berdua tidak berekspektasi adanya kehamilan.

Namun beberapa kali, masing-masing dari kami saling menyentuh private parts dan yang kami takutkan adalah kehamilan. Lalu, pasangan saya melakukan onani dan mengeluarkan spermanya, namun tidak mengenai private part saya. Yang kami takutkan adalah pasangan saya menyisakan semen di tangannya yang kering, lalu menyentuh permukaan private part saya. Apakah hal ini berpotensi kehamilan dok???

Dan apakah ada kemungkinan hal yang kami berdua lakukan dapat menimbulkan kehamilan dok??? Kami berdua sangat khawatir karena kami sangat tidak ingin kehamilan terjadi.

Terimakasih Dok.

Salam.

1 Jawaban Dokter

Staff 30/06/2017
Public

Halo Sobat,
Di luar tubuh, sperma dapat hidup selama beberapa menit hingga 20 menit.
Akan tetapi, untuk terjadinya pembuahan, sperma harus mencapai tuba falopii dan hal ini sulit sekali terjadi jika tidak terjadi ejakulasi di dalam tubuh.
Oleh karena itu, kemungkinan Sobat hamil sangatlah kecil.
Semoga informasi ini dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.