4 answer

Staff 29/06/2017
Public

Halo, untuk menambah berat badan ada beberapa faktor, yaitu asupan gizi, aktivitas fisik, dan genetik. Jika anda ingin tahu berapa banyak kentang yang harus anda konsumsi untuk menambah berat badan, pertama anda harus menghitung dahulu kebutuhan kalori anda. Kebutuhan kalori tiap orang akan berbeda-beda, karena penghitungan kebutuhan kalori bergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, komposisi tubuh, aktivitas, hingga keadaan fisik. Kalori yang dibutuhkan oleh laki-laki berbeda dengan perempuan meskipun berada pada rentang usia yang sama. 
Rumus Harris-Benedict: rumus ini termasuk rumus yang sering dipakai oleh ahli gizi untuk menghitung kebutuhan kalori. Rumus Harris-Benedict memperhitungkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga level aktivitas fisik Anda.

  • Rumus untuk menghitung kebutuhan energi pria yaitu= 66,5 + 13,8 x (berat badan dalam kilogram) + 5 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 6,8 x usia.
  • Sementara untuk wanita= 655,1 + 9,6 x (berat badan dalam kilogram) + 1,9 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 4,7 x usia.
  • Hasil dari penghitungan ini kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik. Jika aktivitas fisik Anda rendah, maka dikalikan dengan 1,2. Untuk aktivitas fisik sedang dikalikan dengan 1,3. Sementara aktivitas fisik berat dikalikan dengan 1,4.

Apabila anda sudah tahu kebutuhan kalori anda, untuk menambah berat badan anda perlu mengkonsumsi lebih dari yang dibutuhkan. Tidak pengaruh jenis makanannya, yang penting jumlah kalorinya. Sebagai contoh, semangkuk nasi memiliki 200 kalori setara dengan 4 butir kentang rebus berukuran sebesar telur ayam.
Untuk lebih jelas lagi jenis2 makanan apa yang anda butuhkan dan berapa porsinya, konsultasikanlah dengan dokter spesialis gizi. 
Semoga bermanfaat 

#1
  1. Jadi jika kebutuhan kalori anda misalnya 2000kalori per hari, untuk menambah berat badan anda perlu mengkonsumsi lebih dari 2000 kalori.

128 kalori dokter yg saya butuhkan setiap harinya. bagaimana dengan perhitungan jagung?

#2
  1. Saya membutuhkan informasi gender, usia, dan aktivitas fisik Sobat sehari-hari untuk membantu mengkalkulasi kebutuhan kalori Sobat per hari dengan tinggi badan 167 cm dan berat badan ideal 51 kg.
    Satu mangkok nasi setara dengan kira-kira 308 gram bulir jagung.
Staff 30/06/2017
Public

Saya membutuhkan informasi gender, usia, dan aktivitas fisik Sobat sehari-hari untuk membantu mengkalkulasi kebutuhan kalori Sobat per hari dengan tinggi badan 167 cm dan berat badan ideal 51 kg.
Satu mangkok nasi setara dengan kira-kira 308 gram bulir jagung.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.