Anak susah untuk makan tambahanselain susu dan belum bisa berjalan

Anak berumur 1 tahun 7 bulan berat 10 kg.saat ini belum bisa berjalan sendiri… Dan agak sulit mau makan.padahal giginya sudah hampir smua tumbuh. Minum susu jg tidak banyak. Bagaimana bisa mencukupi gizi anak skr ini. Tq

1 Jawaban Dokter

Dalam evaluasi seorang anak terdapat 2 hal yang perlu dipantau yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Tumbuh adalah proses menjadi besar dan dapat dipantau dari berat badan dan tinggi badan. Untuk mengetahui apakah berat badan anak Ibu normal atau tidak maka perlu diketahui jenis kelamin anak Ibu dan sisesuaikan dengan kurva tumbuh kembang dari WHO atau KMS dari Puskesmas.
perkembangan adalah proses bertambahnya kemampuan anak, antara lain motorik kasar seperti berdiri, merangkak, berjalan. Motorik halus seperti memegang benda dengan tangannya, kemampuan interaksi sosial, kemampuan bahasa, dan sebagainya. 
Kemampuan berjalan seorang anak secara umum didapatkan pada usia 12 sampai 18 bulan. Bila belum dapat berjalan pada usia 18 bulan maka terdapat kemungkinan gangguan perkembangan motorik anak, di mana gangguan ini perlu ditelusuri lebih lanjut penyebabnya agar dapat ditangani dengan tepat. Oleh karena itu disarankan untuk membawa anak ke dokter spesialis anak khususnya spesialis tumbuh kembang agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut.
anak sulit makan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Antara lain: gangguan mulut dan gigi, gangguan pada otot dan rahang, gangguan saluran cerna, gangguan sosial dan psikologis, dsb. Hal ini memerlukan evaluasi secara langsung oleh dokter. 
Terlepas dari ada tidaknya gangguan, makan pada anak merupakan suatu aktivitas yan harus dipelajari dan didukung oleh seluruh anggota keluarga. Disarankam untuk menetapkan jadwal makan yang teratur setiap hari dengan 3x makan utama dan 2x snack. Biasakan makan bersama anggota keluarha lain.libatkan anak dalam mempersiapkan makanan. Sajikan makanan dengan tekstur dan rasa yang bervariasi dan bentuk yang menarik. Lakukan proses makan dengan suasana yang menyenangkan dan tanpa tekanan serta terhindar dari gangguan misalnya TV,mainan, dsb
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.