mata perih sesaat setelah soflens terpasang

salam dok,
saya aisyah, dua bulan ini memakai soflens tpi tidak terjadi masalah yang serius. tapi akhir2 ini mata saya pasti merasa perih sesaat setelah soflens terpasang.
pernah saya memakai soflens yang baru, saat pemakaian pertama soflens tidak ada masalah apa2, tapi pagi nya saat akan saya pakai lagi mata terasa perih lagi setelah soflens terpasang.
menurut dokter apa memang mata saya memang tidak cocok memakai soflens atau mata saya ada masalah dengan soflens.
terima kasih dokter

1 Jawaban Dokter

Staff 26/06/2017
Public

Halo Sobat Yanuarti Aisyah,
Lensa kontak dapat memicu cedera pada kornea mata.
Mata membutuhkan oksigen untuk bekerja dengan baik. Kekurangan oksigen di mata ini rentan terjadi pada pengguna lensa kontak. Waktu yang terlalu lama dalam penggunaan lensa kontak (lebih dari 10 jam dalam sehari) dapat menyebabkan gejala kekurangan oksigen pada mata. Kurangnya oksigen dapat  menyebabkan mata kering dan kornea menjadi bengkak.
Gejala umumnya ditandai dengan pandangan yang tidak jelas. Biasanya juga ditandai dengan gatal pada mata, mata merah, dan berair.
Jika pemakai lensa kontak mengabaikan aturan-aturan dalam penggunaan lensa kontak, maka dapat memicu masalah pada mata. Selain itu juga ada beberapa hal yang dapat menyebabkan cedera pada permukaan mata, yaitu lensa yang tidak terpasang dengan benar, lensa yang tidak dilepas ketika tidur atau berenang, lensa yang tidak dibersihkan, dan melepaskan lensa dengan sekuat tenaga bisa menimbulkan goresan pada permukaan mata.
Silakan Sobat membaca tips penggunaan lensa kontak yang baik pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/berita/kebanyakan-masyarakat-keliru-menggunakan-lensa-kontak
Sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.
Dokter akan memeriksa mata Sobat dan menyarankan apakah Sobat boleh melanjutkan penggunaan lensa kontak atau tidak, jika ya maka lensa kontak mana yang aman dan baik sesuai dengan kondisi mata Sobat, dan lain-lain.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.