keluar air susu pada payudara

dok saya mau tanya.. saya berusia 22 tahun tadi pagi puting saya sakit dan kencang . saya iseng untuk memencet nya lalu keluar seperti air susu yg berwarna putih susu tapi saya tidak sedang hamil krn setelah itu saya tespack hasilnya pun negatif. tolong dijelaskan ya dok trimaksih

1 Jawaban Dokter

Staff 26/06/2017
Public

Halo Sobat,

Keluarnya cairan dari payudara merupakan suatu kondisi medis yang sering dikeluhkan oleh wanita pada usia subur yang tidak sedang hamil maupun menyusui.

Cairan yang keluar dapat berwarna kekuningan dan kental, bening dan encer, menyerupai susu, disertai darah, disertai nanah, atau berwarna merah muda.
Cairan dapat keluar dengan sendirinya atau setelah ada manipulasi pada payudara.

Cairan yang keluar dari puting payudara pada wanita usia subur kemungkinan besar merupakan hal yang fisiologis (tidak berbahaya), namun juga dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya gangguan hormon, adanya perubahan pada kelenjar payudara, infeksi pada payudara, tumor jinak payudara, dan kanker payudara.
Jika kondisi Sobat belum juga membaik dalam 3 hari ini, sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau mengunjungi klinik breast center di kota Sobat jika ada.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.