radang tenggorokan dan belekan

Helo dok, aku mau nanya anak saya 2thn 8bulan. Radang tenggorokan tapi di hari ke 4 ini matanya belekan tidak biasanya, banyak sekali sampai menggumpal2 dan berwarna kuning.

Kronologis nya di hari senin kemarin anak demam dok naik turun di angka 37.0-37.7
Sedikit batuk berdahak (setiap subuh masih bangun minta susu 1x sekitar jam 3-4) setaip habis nyusu subuh selalu batuk hebat dan muntah dahak dan susu nya jg.
Di hari selasa saya bawa ke dokter (dok yang biasa pegang anak saya sudah cuti jadi saya cari dok lain) dan kata beliau anak saya radang tenggorokan akibat virus bukan bakteri. Jd tidak di kasi antibiotik

Obat yang di kasi 3 macam:
Bisilvon eliksir syrup 60ml
(3xsehari 2.5ml)

Ryvel syrup 60ml
(1xsehari 2.5ml malam hari)

Stimuno syrup
(2x sehari 5ml)

Sampai hari ini di hari ke-4 tdk ada tanda membaik
(Demam sudah tidak, tapi batuk tidak ada tanda reda)
Malah di hari ke 4 mulai dr sore mata anak belekan terus menerus di bersihkan ada lagi dan berwarna kuning dok.

Apa saya terlalu cepat membawa anak saya ke dok di hari ke2 tsb? Apa ternyata ini bukan virus, malah bakteri yang seharusnya menggunakan antibiotik?

Sebelum anak sakit di rumah memang ada saudara yang juga sakit seperti ini, setelah anak saya tertular(mungkin) barulah dia ikut ke dokter dan diberi antibiotik dan 1 hari saja dia sudah sembuh. Anak saya kenapa tidak sembuh sembuh ya dok?

Thank you dok.

3 answer

Staff 23/06/2017
Public

Halo Sobat,
Kemungkinan besar infeksi yang dialami oleh anak Sobat awalnya memang hanya infeksi virus saja, namun kemudian disertai dengan infeksi bakteri, sehingga akhirnya butuh waktu lebih lama untuk sembuh.
Sebaiknya Sobat kembali membawa si kecil kontrol untuk mendapatkan obat tambahan lainnya yang diperlukan sesuai kondisi si kecil saat ini, seperti misalnya antibiotik dan atau salep/obat tetes mata.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat dan si kecil lekas sembuh.

#1

Thank you dok, sejauh ini sudah aku periksakan kembali ke dokter dan obat tambahan hanya cendo xitrol saja, nah yang mau aku tanyakan kembali apakah cendo xitrol aman buat anak anak? Bukankah obat tsb untuk orang dewasa yang mengandung Dexamethasone yg kayaknya agak keras.. ini adalah kali ke3 anak sakit mata dok 2 sebelum nya sekitar di bawah 1 tahun dan pada 18 bulan obat yang di berikan dok langganan kami adalah floxa.. hati nurani saya takut xitrol keras untuk anak dan bahaya buat matanya. Mungkin aku awam dok jadi butuh sharing dan dengar masukan dari yang lebih pengalaman. Terima kasih sebelumnya dok

#2
Staff 23/06/2017
Public

Halo Sobat,
Kemungkinan besar dokter ybs memutuskan memberikan Cendo Xitrol karena melihat kondisi mata anak Sobat yang infeksinya membutuhkan penyembuhan dalam waktu singkat.
Saya memahami kekhawatiran Sobat, sehingga jika Sobat ragu memberikan Xitrol, saya sarankan Sobat berkonsultasi dengan DSA lain.
Mohon maaf saya tidak dapat menentukan obat mana yang sebaiknya diberikan karena saya tidak memeriksa langsung anak Sobat.
Semoga informasi ini dapat membantu ya.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.