Ketombe tidak kunjung hilang

Halo selamat malam,
Saya rizka ingin bertanya seputar masalah ketombe di kulit kepala saya. Sudah kurang lebih 5 tahun saya mengidap ketombe di kulit saya. Saya sudah mencoba berbagai sampo anti ketombe dan mencoba bahan bahan alamo yang bisa digunakan untuk mengjilangkan ketombe. Tapi semua itu tidak berhasil. Yang saya tau saya baca di artikel bahwa ketombe itu biasanya berupa kecil kecil dan tidak lengket gitu. Tapi punya saya besar besar dan terkadang ada yang lengket dan ada yang tidak. Saya bingung gimana lagi mengatasinya. Dan sepertinya ketombe di kepala saya ini semakin banyak dan saya tidak nyaman. Kira kira ini penyakit seroboik atau hanya ketombe biasa saja ya? Dan saya sebaiknya melakukan tindakan apa agar ketombe ini cepat pergi dari kepala saya? Terima kasih dan selamat malam 🙂

1 Jawaban Dokter

Staff 20/06/2017
Public

Halo, ketombe adalah sel-sel kulit mati yang dilepaskan oleh kulit kepala. Yang menjadi masalah adalah sel-sel kulit yang tumbuh dan mati dengan terlalu cepat. Kematian sel kulit yang lebih cepat akhirnya menyebabkan munculnya ketombe.
Pengobatannya adalah dengan menggunakan sampo antiketombe/dandruff yang bisa dibeli di supermarket. Biasanya ketombe akan langsung berkurang. Tapi, kemunculan kembali ketombe adalah hal yang wajar. Ketombe biasanya menghilang beberapa saat sebelum kembali lagi. Jika terjadi, pemakaian sampo antiketombe perlu dilakukan secara teratur.
Jika sampo gagal membersihkan ketombe setelah beberapa minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Anda mungkin membutuhkan sampo antiketombe yang lebih kuat. Dokter akan memeriksa kulit kepala untuk mencari tahu apakah ada masalah kulit seperti infeksi jamur, dermatitis seboroik, atau psoriasis.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.