bisulan pada anak

anak saya perempuan usia 4 bulan, dari lahir ASI saya sedikit jd d bantu dgn sufor SGM, tetapi bbrp hr yg lalu styp d ksh SGM dedek nolak, saya konsultasi ke bidan, kt bidan mngkn bosen dgn SGM, coba d gnt dgn susu yg lain, kemudian sya gnt lactogen, tp d ksh lactogen jg dedek menolak kemudian muncul bisul d kepala nya, sya lgsng bawa dedek ke DSA, dokter hny memberi resep gnt susu dgn nutrilon soya, dedek d ksh nutrilon soya mau tp agak susah, kemarin saya beli nutrilon allepre dedek mau minum nya, prtnyaan sya… apkh bisul itu menandakan dedek alergi trhdp susu sapi? skrg dedek mnum nutrilon allepre, apa dedek bisa mnum nutrilon yg biasa aja?

1 Jawaban Dokter

Staff 19/06/2017
Public

Halo Sobat,
Alergi susu formula pada dasarnya adalah suatu bentuk alergi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap suatu protein dalam susu sapi. Gejala yang muncul dapat berupa diare yang terkadang disertai darah, muntah, menolak makanan, dan muncul ruam di kulit (ruam di kulit dapat berbentuk macam-macam, salah satunya adalah kemerahan, bintik merah, dll). Gejala-gejala tersebut dapat muncul segera setelah minum susu ataupun lambat (7-10 hari setelah memulai minum susu).  
Susu yang sekarang dikonsumsi oleh anak Sobat termasuk dalam golongan susu formula yang khusus, yaitu susu formula hidrolisis. Susu formula ini dirancang khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein dalam susu formula (sapi). Susu formula hidrolisis sebetulnya masih berbasis susu sapi juga tetapi susu ini mengalami proses hidrolisis sehingga protein-protein utuh dalam susu sapi terurai menjadi partikel-partikel kecil sehingga sifatnya menjadi kurang alergenik (kurang menimbulkan alergi). Susu ini juga tidak mengandung laktosa.
Sebaiknya Sobat berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis anak yang meresepkan susu pada anak Sobat jika ingin mengganti kembali ke susu formula umum, untuk mencegah timbulnya reaksi alergi yang tidak diinginkan.
Jika Sobat tertarik membaca lebih lanjut tentang jenis – jenis susu formula, apa itu alergi susu, intoleransi laktosa, dan bagaimana cara mengatasinya, Sobat dapat mengunjungi tautan berikut: https://www.tanyadok.com/anak/alergi-susu-formula-sapi-emoh
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.