1 Jawaban Dokter

Staff 19/06/2017
Public

Halo Sobat,
Terdapat beberapa jenis pilihan metode untuk menunda kehamilan tanpa mengkonsumsi obat KB maupun memakai alat kontrasepsi, di antaranya yaitu:

1. Pantang berkala / sistem kalender
Secara ideal, pantang melakukan hubungan seksual selama dan sekitar waktu ovulasi dapat mencegah kehamilan. Ovulasi paling sering terjadi sekira 14 hari sebelum siklus menstruasi berikutnya, namun sayangnya hal ini tidak selalu menentu. Banyak faktor yang dapat mempercepat atau memperlambat siklus menstruasi. Metode ini dapat dikatakan kurang dapat diandalkan.

2. Senggama terputus / Coitus interuptus
Teknik ini tidak menggunakan alat atau obat. Pada saat Ibu sedang berhubungan dengan suami, maka harus dipastikan bahwa sperma tidak dikeluarkan di dalam vagina, melainkan di luar vagina. Teknik ini memiliki kelemahan, karena sperma dapat keluar lebih awal daripada yang diperkirakan.

3. Menyusui
Metode ini disebut Metode Amenorrhea Laktasional, di mana menyusui akan memperlambat dimulainya siklus menstruasi seorang wanita setelah melahirkan. Saat  menyusui, hisapan puting oleh bayi akan memicu keluarnya hormon oksitosin yang akan mencegah terjadinya ovulasi.
Metode ini 98% efektif hanya jika bayi berusia kurang dari 6 bulan (ASI eksklusif tanpa MPASI), ibu belum mengalami menstruasi, dan ibu menyusui si bayi secara langsung sesering keinginannya selama 24 jam (minimal setiap 4 jam di siang hari dan tiap 6 jam di malam hari).

Perlu Sobat ingat bahwa tidak ada metode yang dapat mencegah kehamilan 100%. Oleh karena itu, Sobat dan pasangan dapat mempertimbangkan untuk mengkombinasikan beberapa metode untuk meningkatkan kemungkinan pencegahan kehamilan, sambil berkonsultasi juga dengan dokter spesialis kandungan atau bidan Sobat.
Jika Sobat tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai alat kontrasepsi, Sobat dapat membaca informasinya pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/mari-pilih-alat-kontrasepsi-yang-tepat

Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.