Alergi saluran cerna

Anak perempuan usia 1thn 2bln, waktu baru lahir sempat diberikan sufor dan mengalami alergi susu sapi pada saat asi belum keluar. Pada saat asi sudah keluar terjadi puting yang luka dan masih tetap dicampur dng sufor dng merk yang sama pada saat diketahui alergi karena bayi menangis trus pada malam hari dan orang tua mengira krn dia kelaparan. Namun bayi jadi serin muntah bahkan sampai lewat hidung, kenaikan berat badan pun hny 2-5ons setiap bulannya. Akhirny pd usia bayi 1bln sy bener2 full asi tanpa bantuan lain. Saat ini anak saya badannya tidak gemuk namun tidak kurus sekali dng berat 8kg. Masalahny saat ini adalah BAB yang terkadang keras dan tidak rutin setiap hari.. sejak umur 1thn 1bln saya memberikan tambahan sufor nutribaby royal soya 3.

1 Jawaban Dokter

Pertama-tama untuk bisa BAB dengan lancar perlu keseimbangan antara jumlah makanan, jumlah serat, jumlah cairan atau air putih dan toilet training.

Berarti ibu perlu menelaah jumlah makanan, jumlah serat, dan jumlah cairannya serta mencari apakah ada makanan tertentu yang anak ibu alergi. dan jangan lupa lakukan toilet training pada anak ibu. bila masih belum teratur, coba tambahkan obat probiotik 1x/hari bu. bila masih belum bisa juga, sebaiknya ibu ke dokter anak ahli pencernaan untuk diberikan obat untuk melancarkan BAB dahulu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.