Bagaimana pendapat dan penjelasan dokter tentang yang saya alami? apakah hal itu wajar atau malah gejala penyakit?

Dok saya mau tanya. Saya tidak lancar haid dari mulai saya pertama kali haid yaitu umur 15 tahun. Di awal haid saya lancar haidnya dok, tetapi dari mulai saya umur 16 sampai skrg umur 17 menuju 18 tahun saya sering telat haid dok. kadang sampai 2-3 bulan saya tidak haid, waktu itu pernah lancar dok, namun hanya sekitaran 6-7 bulanan dok, setelah nya macet lagi haid nya. saya juga mengalami keputihan dok, warna nya bening, terkadang susah dibersihkan karena tidak mau putus lendirnya dari dalam. saya takut kalau kalau saya terkena penyakit dok. saya mohon jawaban dan keterangan dari dokter. atas jawaban dokter saya ucapkan terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 12/06/2017
Public

Halo Sobat Syifa,
Berapakah usia Sobat saat ini?
Pola haid seorang perempuan biasanya belum teratur pada jangka waktu hingga 6 tahun setelah menstruasi pertama. Jika kini Sobat telah berusia 21 tahun atau lebih, maka sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.
Beberapa hal yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur adalah:

  • faktor keturunan
  • ketidakseimbangan hormon
  • diet yang salah
  • stress
  • penggunaan pil kontrasepsi

Mengenai keputihan, selama tidak disertai tanda infeksi seperti perubahan bau, warna, jumlah produksi yang meningkat, gatal, panas, dan perih di kemaluan merupakan hal yang normal dialami oleh perempuan. Sobat dapat membaca lebih lanjut tentang keputihan pada tautan ini: https://www.tanyadok.com/penyakit/keputihan/
Saran saya, sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab menstruasi Sobat tidak teratur.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.