Cara menyapih

Anak Saya namanya ARSHAKA,, Laki-Laki umur 22 bulan 19 hari berat badan 13 kg. Mohon tips juga utk cara menyapih yang baik karena sudah waktunya utk menyapih sedangkan anak saya masih intens minum ASI jika saya pulang kerja atau libur. Ketika saya tinggal kerja, anak saya minum Susu Nutrilon Soya 3. Kami pilih soya atas saran dokter krn sewaktu bayi anak saya sudah terkena alergi yang mana turunan dari saya yang alergi makanan dan suami sakit asma

1 Jawaban Dokter

saat memutuskan akan disapih, anak diberitahu dahulu. tetapi orang tua harus konsisten saat memutuskan untuk tidak lagi memberikan ASI langsung artinya walaupun anak berteriak2, marah2, berontak tidak mau makan, orang tua tidak boleh kalah dan harua berkuat hati tidak akan memberikan ASI langsung lagi. karena bila orang tua kalah, maka anak akan berpikir cara tantrum tersebut adalah cara untuk mendapatkan ASI dan akan lebih sulit lagi dikemudian hari untuk menyapihnya. normal anak akan berontak2 selama 1 minggu, kemudian akan beradaptasi dengam tidak menyusu langsung.

80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi ada baiknya saat ini anak ibu dicoba untuk konsumsi susu sapi. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali sampai anak berusia 2 tahun, lalu coba kembali.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.