hai,dok sya mao nanya kemaren tgl 10 sya berhubungaan lalu besok ny sya langsung pendarahaan gtu kya memstruasi terasa sakit diperut itu pertanda apah yaa dok..sya binhung

sya hbis berhubungaan lalu besok ny sya langsung keluar darab kya haid gtu..knpa yaa dok dan perut terasa sakit??apah itu bisa bertanda hamil

mkcih dok

1 Jawaban Dokter

Staff 12/06/2017
Public

Halo Sobat Resimesikina,
Perdarahan dari vagina setelah hubungan intim atau perdarahan pasca koitus (post-coital bleeding) wajar terjadi karena robeknya selaput dara akibat penetrasi penis atau karena terjadi perlukaan ringan pada dinding vagina yang disebabkan oleh dinding vagina dalam keadaan kurang terlubrikasi (cairan vagina hanya sedikit).
Untuk mencegah terulangnya perdarahan pada hubungan intim selanjutnya, Sobat dapat memperlama durasi foreplay sebelum berhubungan intim agar cairan vagina yang diproduksi lebih banyak dan lubrikasi terjadi lebih baik.
Jika perdarahan terjadi hampir setiap kali Sobat melakukan hubungan intim dan terjadi dalam jumlah yang banyak, sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.
Jika hubungan intim yang Sobat sebutkan adalah hubungan intim pertama Sobat, maka tanda kehamilan belum akan muncul pada satu hari setelahnya. Biasanya tanda-tanda kehamilan akan muncul paling cepat 2 minggu setelah hubungan intim.
Namun apabila ini bukanlah hubungan intim pertama Sobat, maka terdapat kemungkinan Sobat sedang hamil dari hubungan intim sebelumnya. Terlebih jika Sobat juga mengalami tanda-tanda kehamilan awal lain seperti terlambat haid, pembesaran dan rasa tidak nyaman payudara, perubahan warna puting payudara menjadi lebih gelap, dan lebih mudah lelah dibandingkan biasanya. Lakukan pemeriksaan mandiri di rumah dengan menggunakan test pack dan berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah Sobat hamil atau tidak.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.