betis luka bengkak dan bernanah

Selamat malam dokter. perkenalkan saya Timothy. Pria, 20 tahun. Bagian betis saya seperti di gigit binatang, terlihat memerah dan saya anggap itu biasa karena gatal dan akhirnya saya pakai minyak kayu putih dan bedak sallycil. lama kelamaan terjadi edema/bengkak seperti membesar ( kayak bisul ) dan gatal dimana saya garuk lalu luka pun terjadi. saya cuci tapi luka tetap ada dan membengkak dan ada nanah di dalam bengkak.saya pakai obat tradisional cina yang namanya ” tieh ta yao gin ” dan alhasil luka sedikit menutup. sudah hampir seminggu luka seperti ini dan saya menjadi takut. kata orang-orang karena nanah masih ada dalam bengkak tersebut sehingga luka masih basah. apakah itu bisa dicuci ataukah harus dikeringkan ? obat apa yang harus saya minum dokter ? apakah antibiotik ? bagaimana cara membersihkan karena kata keluarga saya jangan kenakan air agar tetap kering tapi kan kalau ga dicuci2 bisa ada bakteri.. jadi bagaimana dok ??? mohon seluruh penjelasannya. terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 12/06/2017
Public

Halo Sobat Timothy,
Untuk penatalaksaan luka yang terinfeksi seperti yang Sobat alami, saya sarankan Sobat segera berkonsultasi dengan dokter umum di klinik terdekat.
Dokter akan memeriksa langsung kondisi luka Sobat, melakukan tindakan medis yang dianggap perlu seperti misalnya mengeluarkan nanah dari luka, lalu memutuskan rencana terapi selanjutnya misalnya jenis antibiotik apa yang dapat digunakan, apakah cukup obat topikal seperti salep atau harus dibantu dengan obat minum, cairan dan alat apa saja yang dapat Sobat gunakan untuk membersihkan luka sehari-hari di rumah, cara membersihkan luka sesuai dengan kondisi luka Sobat, dan lain Рlain.
Konsumsilah antibiotik sesuai dengan dosis dan anjuran pakai yang diresepkan dokter. Penggunaan antibiotik di luar pengawasan dokter dikhawatirkan dapat menyebabkan resistensi antibiotik.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.