Apa saja penyebab keterlambatan datang bulan selain kehamilan?

Assalamualaikum
Selamat pagi dok
Saya wanita yang berumur mendekati 21 tahun, saya juga sudah menikah dok. Saya mau tanya dok selain kehamilan apakah ada penyebab lain keterlambatan datang bulan dok?
Soalnya sudah beberapa bulan terakhir ini saya belum juga datang bulan, awalnya sih emang siklus haid saya tidak teratur.
Tapi yang sekarang ini saya merasa sudah sangat lama saya belum juga datang bulan. Jika emang itu karena kehamilan tanda-tanda kehamilan lainnya seperti muntah di pagi hari, adanya bercak darah, dan lainnya itu nggak ada dok, saya juga punya kebiasaan tidur tengkurap tapi nggak ngerasain apa-apa. Perut saya juga memang buncit dok tapi masih bisa dilipat terus jika saya menahan napas masih juga kempes. Saya juga sudah pernah ngetes pake testpack lebih dari 3 kali tapi hasilnya negatif terus dok.
Dan saya juga sebenarnya masih program menunda kehamilan, tapi tidak ikut KB ato semacamnya, hanya saja jika saya berhubungan sama suami saya, suami saya pakai pengaman gitu dok.
Kira-kira apa ya penyebab keterlambatan datang bulannya saya dok? Apa itu merupakan salah satu penyakit? Terus gimana solusinya dok?
Mohon bantuannya ya dok, terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 05/06/2017
Public

Halo Sobat,
Saya sangat menyarankan Sobat untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan (Sp.OG).
Dengan berkonsultasi langsung, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik pada Sobat, melakukan pemeriksaan penunjang jika dianggap perlu (seperti pemeriksaan USG kandungan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada organ reproduksi Sobat atau pemeriksaan kadar hormon reproduksi Sobat), dan menetapkan diagnosa serta memulai terapi tepat sesuai diagnosa.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.