gatal gatal & diare disertai bercak darah pada anak

Anak perempuan usia 4bulan 3minggu, BB 6,1kg TB 67,5cm masih Asi ekslusif. 1bulan setelah lahir anak saya ada bintik2 merah seperti ruam dan kering disertai gatal2. Di bulan ke 4 kemarin anak sya kena diare yg kemudian disertai bercak darah. Dokter SPA bilang ini karena alergi susu sapi. Semenjak saya tau anak sya kena alergi saya tdk mengkonsumsi susu dan olahannya termasuk telor pun sya tidak makan lg. Diare anak sya sembuh tp skrng kambuh lagi. Msh kena diare, batuk dan pilek. Dokter bilang alergi anak saya termasuk berat. Makanan apa lg yg harus saya hindari dok? Spy anak saya tumbuh kembangnya tidak terganggu. Mohon informasinya.

1 Jawaban Dokter

alergi pada bayi paling sering memang karena susu sapi bu. tetapi banyak juga yang alergi terhadap telur, seafood, dan kacang2an.

saran saya: sementara ibu pantang dulu susu sapi dan olahannya seperti biskuit, keju, pasta, dan semua makanan yang ada susunya.
serta kacang2an dan produk olahannya seperti soya, tahu, tempe, kecap, dll karena 20% anak yang alergi susu sapi juga alergi terhadap soya (kedelai). bila alerginya parah bantu dengan obat cetirizin.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.