Cara menentukan hari pembuahan pada kehamilan saya?

Dok sy menikah d tgl 12 Desember 2016 lalu, namun sy tidak haid lagi di bulan itu. Ketika di akhir bulan sy cek ke dokter kandungan ktny sy dinyatakan hamil, dengan usia kandungan 6-7 minggu d tgl 28 Desember kl tdk salah.. Lalu mengapa di usia pernikahan yg baru 2 minggu, sy sudah dinyatakan hamil 6-7 minggu yh Dok? Padahal sy belum pernah berhubungan intim sebelum menikah.. Beberapa keluarga dan rekan sy merasa heran akan usia kandungan sy ini termasuk sy Dok, sedangkan ketika ditanya hpht memang sy lupa kpn tgl hpht sy. Krn sebulan menjelang pernikahan sy haid nya hnya sekitar 3hr sj di bulan November nya, lebih cepat, mungkinkah itu krn stress dlm menghadapi persiapan pernikahan y Dok? Pertanyaan sy apakah kehamilan sy ini normal, lalu kira2 kpn tanggal terjadi nya pembuahan? apakah itu terjadi setelah saya menikah? Apakah kandungan sy dlm masa subur sehingga langsung menjadi embrio, sel telurnya? Mohon pencerahannya ya Dok..

2 answer

Halo Sobat,
Jika Sobat baru berhubungan badan setelah menikah, tentu saja pembuahan terjadi setelah Sobat menikah. Namun dalam menghitung usia kandungan memang dihitung dari hari pertama haid terakhir, dimana tentunya terjadi sebelum Sobat melakukan hubungan badan. Cara lain dalam menghitung usia kandungan adalah dengan dilakukan pemeriksaan USG, yaitu dengan mengukur beberapa komponen sehingga dapat disimpulkan usia kandungan Sobat. Jika Sobat masih merasa ragu dan butuh informasi lanjutan sebaiknya mengkomunikasikan kegundahan Sobat ke Dokter Spesialis Kandungan agar dapat diberikan informasi dan arahan yang sesuai.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1

Selamat malam ibu, saya paham dengan kebingungan ibu, perhitungan usia kehamilan bisa dilakukan dari tanggal hari pertama haid terakhir, ataupun dari pemeriksaan USG. Ada kemungkinan penentuan usia kehamilan saat pemeriksaan awal mengacu pada bulan haid terakhir ibu yaitu bulan november. Secara teori, tidak mungkin ibu bisa hamil sebelum hubungan intim. Pembuahan tentunya terjadi setelah hubungan intim, dimana ibu menyatakan bahwa ibu belum pernah berhubungan intim sebelum menikah. saat ini cukup lakukan pemeriksaan kembali pada dokter untuk mengetahui usia kehamilan ibu dan mengikuti perkembangan kehamilan ibu. semoga ibu dan bayi sehat

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.