Nafas berbunyi ngik ngik dan ada bunyi grok grok riak di dada

Anak laki2 usia 9 bln berat badan 8,8kg sejak lahir saya d beritahukan doktr bahwa anak saya ada alergi bawaan krna kulitnya merah merah. Tp selama saya merawat hingga sekarang sudah mpasi tidak ada tanda alergi seperti ruam atau gatal2. Tetapi jika tidur terumata malam hari atau udara dingin sering terdengar suara napas ngik ngik dan grok2 riak pada dada. Selama ini saya menggunakan produk nutribaby royal tahap dua. Menurut dokter saya tidak perlu menggunakan produk susu alergi karena anak saya hanya alergi ringan. Sebernarnya saya ingin tahu lbh detail apa gunanya susu alergi? Lalu apakah anak saya selamanya harus meminum susu alergi?

1 Jawaban Dokter

Staff 31/05/2017
Public

Halo, untuk masalah napas berbunyi grok-grok pada bayi terjadi karena adanya sumbatan lendir di saluran napas bagian atas, biasanya hal ini disebabkan oleh faktor risiko alergi, atau adanya infeksi. Pada bayi refleks batuk untuk mengeluarkan lendir itu belum bekerja maksimal sehingga akan tersisa lendir dalam saluran napas dan menimbulkan suara grok-grok.
Untuk penanganan di rumah coba kenali dan hindari faktor pencetus, usahakan memberikan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan sampai anak usia 2 tahun. Kenali tanda2 bahaya seperti sesak napas, anak menjadi lesu, segera bawa anak ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bawa anak berjemur di matahari pagi, dan berikan anak minum air hangat. Anda juga bisa memberikan minyak telon untuk menghangatkan badan anak. Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.