bagaimana cara menghilangkan rasa gatal, perih, dan benjolan pada daerah kewanitaan

Pagi, Dok. Saya mau tanya tentang gatal yang saya alami di daerah kewanitaan saya. Gatalnya sudah mulai hari minggu tapi mulai parahnya hari senin hingga rabu. Awalnya hanya gatal di daerah mons pubis saja lalu saya garuk dan saya boles minyak tawon, tapi lama-lama muncul benjolan seperti bisul jadi saya oles obat ICNTYOL ICHTHAMMOLUM (yang saya beli bulan oktober 2016 lalu). Makin lama gatalnya merambah ke daerah labia menora dan saya oleskan juga ICNTYOL ICHTHAMMOLUM. Selain itu, labia menora sisi kanan juga bengkak sedangkan yang kiri tidak terlalu sehingga size nya beda jauh. Selama beberapa hari ini kalau tidak tahan gatalnya saya gosok atau garuk pada bagian yang gatal. Dan sekarang bagian luar labia menora nya memerah dan kalau terkena air perih sekali. Benjolan seperti bisul di daerah mons pubis juga belum hilang.
Ini kenapa ya dok? Apa ada obatnya?
Pantangannya apa?
Dan bila sudah sembuh nanti apakah ada cara untuk tidak terjangkit penyakit ini lagi karna ini sudah kedua kalinya saya mengalami penyakit serupa tetapi yang pertama (oktober 2016) lebih parah dari ini sampai luka berdarah kalau sekarang tidak.
Mohon balasnya. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Jika kejadian yang Sobat alami saat ini pernah terjadi sebelumnya, ada baiknya Sobat berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, karena untuk gejala yang Sobat alami perlu dilakukan pemeriksaan secara visual sehingga dapat diketahui secara pasti penyebabnya sehingga dapat diberikan terapi dan arahan yang sesuai. Untuk sementara, jika terjadi gatal hindari menggaruk terlalu keras agar tidak terjadi luka lebih jauh sehingga mengakibatkan infeksi lanjutan. Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.