Ruam susu pada pipi

Anak perempuan usia 2 bulan dengan perkiraan berat badan diatas 6KG . Awal mengkonsumsi Morinaga BMT Platinum lalu timbul bintik2 merah disekitaran muka . Lalu dianjurkan DSA mengganti susu dengan Nutramigen . Rencana setelah baby memasuki usia 3 bulan ke atas mau sy ganti produk dari Nutrilon . Apa yg dianjurkan untuk mengganti Nutramigen yg skg diminum mengingat Nutramigen adalah formula hipoalergenik utk bayi yg alergi terhadap protein susu sapi yg proteinnya terhidrolisa ekstensif . Terima Kasih .

1 Jawaban Dokter

Staff 29/05/2017
Public

Halo, untuk bayi dengan alergi susu sapi dapat timbul gejala seperti kulit kemerahan atau rash, gatal, muntah, diare, atau sesak napas. Sedangkan intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang mengalami ketidakmampuan untuk mencerna laktosa, tipe gula alami yang terkandung di dalam susu. Gejalanya adalah diare, kembung, kram perut bagian bawah, dan muntah. Biasanya gejala ini akan muncul 30 menit – 2 jam setelah mengonsumsi susu atau produk olahan susu.
Perlu dipahami alergi dan intoleransi laktosa merupakan kondisi yang berbeda. Jika anak menunjukkan gejala alergi, sebaiknya hindari segala produk susu dan olahannya. Namun jika anak dengan intoleransi laktosa, seiring pertumbuhan intoleransi ini dapat berkurang dan anak tidak memiliki gejala apa2 setelah konsumsi produk susu. Konsultasikanlah dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan. Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.